Sabtu, 05 Mei 2012

gulung Spul Speaker Sendiri

Spul Speaker.
Kawan kali ini saya mengajak anda untuk belajar atau mencoba membuat spul speaker sendiri dengan peralatan yang sederhana. Postingan ini barangkali sudah basi, tapi mungkin masih juga bermanfaat bagi anda yang masih awam atau ingin belajar menggulung spul speaker sendiri.
Bahan-bahan yang perlu disiapkan :
  1. Kawat spul (kawat email) dengan diameter sesuai dengan kebutuhan. 
  2. Koker lingkaran spul ( boleh kertas, ebonit, aluminium atau benda lain yang tahan panas) 
   










3. Lem besi
    

 4. Alat gulung. Bila punya alat seperti poros engkol.
     kalo gak ada cukup gunakan paralon sebagai gantinya.

Langkah penbggulunga :
1. Siapkan lem besi yang sudah di aduk rata sesuai denga kebutuhan.
2. Masukkan selongsong spul (No.2) pada paralon. Ingat jangan terlalu sesak biar mudah melepas saat
    lem benar-benar kering.
3. Oleskan lem besi cair pada tepat bagiang selongsong yang akan digulungi kawat email.
4. Gulung kawat dengan hati-hati dan rapat sampai dua lapis atau seperti aslinya ipendac 4 Ohm - 16 Ohm
5. Setelah selesai menggulung , jemur agar cepat kering.
6. Setelah kering, lepas pelan pelan. jangan sapai rusak.
7. Pangkal kawat kutub, supaya di lem dengan kertas agar tidak nglokor.
8. Spul buatan kita siap dipasang.


NB: Selongsong/koker terbaik menurut saya adalah dari ebonit. alasanya dia bukan logam sehingga tidak mengurangi akurasi gaya magnetis yang dihasilkan spul email pada saat dia medapat input dari power apmplifier, tetapi juga tahan panas.

Selamat mencoba !!   Moga sukses.

Jangan Lupa setelah mampir Tulis Komentarnya untuk kemajuan kita.    Tak tunggu.

28 komentar:

  1. gimana cara mengetahui watt dari spoel yg kita buat????? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas, ini berdasar pengalaman aja ya!! karena aku juga tukang / service speaker.Belum ada alat ukur yg pas mengetahui tentang daya (watt spul yg kita buat). Jujur aja kalo mas,buat spul jangan pakai koker dari logam, pakai aja ebonit atau bahan yang tahan api! semisal kertas asbes, jika ditempat anda lembaran ebonit kagak ada.maka nti hasilnya bisa anda lihat sendiri, kualitas bass, midel & trebel lebih jelas, dibanding dengan menggunakan lingkar spul dari aluminium, untuk menambah watt dari speaker anda dari 125wat tidak akan bisa karena disain dari pabrik, ukuran itu adalah daya output max. justru dayanya makin lama bisa makin turun karena melemahnya magnet dari speaker yang dipakai terus yg menimbulkan panas saat berbunyi hasil getaran spul speaker yang didorong power audio. Jika memang magnet speaker itu memang masih belum lemah aku percaya dayanya masih mendekati normal, walau spul speaker adalah buatan sendiri, karena magnet adalah kunci bagus tidaknya speaker tsb. Oh ya, klo buat lilitan dg kawat email spya lebih rapat, itu sangat penting. barangkali itu yg bisa saya berikan pada ulasan ini. berdasar pengalaman selama ini. Mohon maaf bila kurang

      Hapus
    2. menurut pengalaman saya kalo pake koker aluminium spool lebih awet dibandingkan dengan yang lainnya, karena aluminium lebih tahan terhadap panas, apalagi jika menggunakan power dengan watt yang besar, akan tetapi pemasangan spool dengan koker aluminium lebih rumit dibanding dengan yang lain, karena salah sedikit saja sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan.

      Hapus
  2. mas mau tanya
    1.untuk gulungan berlawanan arah atau satu arah
    2.untuk mendapatkan suara bass dari jumlah gulungan atau letak spoel pada magnet..trimakasih untuk petunjuknya...wassalam..
    Nb:kalu bisa jawabannya kirim juga ke setiabudiriders@gmail.com..he...he..he...

    BalasHapus
  3. tanya mas, kl bikin koker woofer 15in ACR pake apa ya biar pas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih anda telah sudi mampir tuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Ok, Abang silakan datang ke toko elektronika atau toko kawat email/kawat spul. Sebagian besar toko seperti itu menjual lembaran ebonit yang tebalnya ada yang berdiameter 0,15 s.d 1 mm tipis seperti mika, hanya bedanya warna coklat dan tahan api. Kukira bahan itu yg terbaik selama pengalamanku.
      dan hasilnya bisa anda lihat sendiri. Selamat mencoba !!!

      Hapus
  4. Numpang tanya mas, gimana cara menggulung spool subwoofer yg mantap?
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bang Ortega.Gulungan/lilitan spul memang menentukan kualitas audio. Yang penting gulungan benar benar padat, ukuran kawat/diameter disesuaikan,konsentrasi lem dan adukan harus pas agar daya rekat maksimal.yg penting lagi jika koker menggunakan aluminium usahakan yang tipis 100% aluminium, baikan jika pakai ebonit.

      Hapus
  5. Lumayan ilmu pngetahuan-,hehe....izin nyimak prof-:-)

    BalasHapus
  6. ebonitnya bisa didapatkan dimana, gan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba datang di toko penjual kawat email(spull). Biasanya kalau di tempat saya ada, termasuk kertas asbes ( semacam itu ). trims kunjungannya.

      Hapus
  7. salam kenal,
    saya senang otak atik barang2 elektronik namun tidak ada basic elektro (otodidak), selama ini belajar lewat mbah google, namun masih perlu pencerahan yang lebih.
    Mau tanya posisi lilitan pas di sela magnet saat menggantinya dgn yang baru?

    - separuh lilitan berada didalam, separuh lagi berada diatas permukaan magnet (titik tengah permukaan magnet) atau
    - lilitan berada di titik tengah di dalam magnet (titik tengah berada antara dasar dan permukaan magnet)
    terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bang Elias basic anda sama dengan saya. Justru otodidak itu pengalaman yang mengasikan. Karena praktik coba2 dan akhirnya kita bisa menyimpulkan dari percobaan kita yang berulang ulang. Aku juga ngerti karena pekerjaanku tukan itu. Begini Bang lilitan spul 50:50 unsur bass kurang dan akurasi suara hilang lebih banyak. Pengalaman yang sudah aku praktekkan.dari permukaan manet spul kita angkat sekitar 10-15%. jadi kalau kita lihat dari atas magnet sekitar ada kelebihan 4-5 lilit. sehingga kualitas bass treble atau midle lebih tampak. ingat kekuatan magnet juga peran penting. sebenarnya ada rumus (ttpi kita bekerja kadang2 rumus gak sesuai)mungkin karena beberapa fisik yang sudah gak asli. mohon maaf bila kurang jelas.

      Hapus
  8. Maaf mas kalau lancang

    Alangkah baiknya jika anda meng upload foto dari hasil gulungan kita sendiri ( biar tambah mudah dan mengerti ) ....dan cara membuka speaker di saat akan mengeluarkan spul ... Dan bila sudah selesai juga di perlihatkan lem - lem nya ... Mohon maaf sekiranya tidak sopan ...di tunggu editan nya ..salam blogger

    BalasHapus
  9. ok, bisa dimengerti, thx a lot atas sharingnya.
    setelah saya coba pasang, memang bass agak kurang nendang kedengarannya, malah treble yg lebih berperan. bongkar lagi ni hehhe..... berarti tinggal diturunin lagi spullnya.
    kemaren pas masang emang agak aneh & meragukan kelihatannya, koq lingkaran kertas lilitan terlalu menyendul dari membran speaker.
    try & error itu biasa namanya jg belajar ya nga bung Suro ?

    ada lagi ni bung, puting penutup spull pengaruh ngak besar kecinya? kemaren pas beli ngak ada yang kurang lebih sebesar spullnya, jd dipasang yg agak gedean dikit, agak nyempluk jadinya.

    BalasHapus
  10. bang sure saya ingin sekali bisa melihat video cara cara menggulung spul
    soalnya secara teori aku kurang mengerti bang. trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. mas mu tanya untuk membongkar speaker yg bener tu gmana caranya? supaya membran dan mangkok sepeaker tidak rusak.. makasi.. tolng balas ya..

    BalasHapus
  12. Artikel yang bagus dan bermanfaat, semoga ke depannya kita bisa menjalin kerjasama dengan TOA. terima kasih

    BalasHapus
  13. mas cara lepasin mahnet dari sepiker gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari dalam bang... alias dari depan.
      lepas semua daun ..daun luan dan dalam...ntar akan kelihatan... ada, 3-4 titik .caranya bisa di kethok.atau digerinda .awas kalo gerinda lubang spill jgan lupa di lakban biar gram gerinda gk masuk ke lubang...

      Hapus
  14. kalau misal spool 8 ohm jadi 4 ohm caranya rubahnya gimana....mas

    BalasHapus
  15. Bagaimana jika ukuran kawat email aslinya berbeda dgn yg baru. Apa pengaruhnya

    BalasHapus
  16. Apa pengaruh jika ukuran kawat berbeda dari aslinya dgn yg baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pengaruh bang,,,pengaruhnya jika jumlah lilitan sama dengan yang lama dan kawatnya lebih besar yang baru apa cukup tu sela selanya...hanya satu tekniknya.. yaitu Tlaten...

      Hapus
  17. Mas sur, alamatnya dimana mas?

    BalasHapus
  18. slam knal mas smwa.......maw tanya besar kcilnya kwat email pngaruh gak??

    BalasHapus

Pages

.
.